Sabtu, 18 Maret 2023

Peluncuran Buku Karya Siswa Dan Guru SMPN 1 Mentebah Dalam Kegiatan Indonesia Cakap Literasi

Tidak ada komentar:

 



smpn1mentebah Kapuas Hulu Sabtu, tanggal 18 Maret 2023 di depan gedung SMPN 1 Mentebah diadakan kegiatan peluncuran buku karangan siswa dan juga guru. Dalam acara peluncuran tersebut di hadiri oleh koordinator pendidikan  kecamatan Mentebah bapak Abang Iskandar,S.Pd.Sd dan juga seluruh bapak ibu dewan guru termasuk mantan kepala SMPN 1 Mentebah yang sudah purna tugas yaitu bapak Mamik Indiono, S.Pd.Ind.
Kegiatan yang dimulai Pukul 08.30 Wib diawali dengan pemaparan tentang asal muasal buku yang di luncurkan tersebut dan termasuk organisasi yang menaunginya.
Dijelaskan oleh pembawa acara bapak Harmoko, S.Pd. bahwa Forum Indonesia Menulis (FIM) adalah wadah pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang peningkatan kompetensi literasi, personal branding, pembangunan karakter dan profesional karir. Wadah ini dikhususkan untuk guru, pengawas, dosen, siswa, mahasiswa, pegiat literasi dan untuk mereka yang siap bertumbuh bersama, berkembang secara masif dan abadi dengan karya.
Forum Indonesia Menulis (FIM) dibentuk sejak tahun 2017 dan diketuai oleh M Fakrul Roji. Hingga saat ini, FIM berhasil menerbitkan lebih dari 100.000 eksemplar buku. FIM sendiri menjalankan 3 program selama kurang lebih 3 tahun mulai dari Wisata Literasi Guru (WLG),  Program Organisasi Penggerak (POP),  dan Indonesia Cakap Literasi (ICL).
Buku yang dibuat oleh guru dan siswa SMPN 1 Mentebah berisi bermacam jenis karangan diantaranya buku antologi, surat cinta untuk  Mas Menteri, resensi buku, pantun, puisi dan lain lainya.
Dalam kesempatan ini kepala SMPN 1 Mentebah Ibu Biatha, S.Pd. mengungkapkan ucapan terimakasih kepada seluruh bapak ibu dewan guru dan juga siswa yang telah terlibat didalam pembuatan buku tersebut, tentu tanpa kerjasama yang baik diantara kita (siswa dan guru) buku yang kita buat ini tidak akan pernah ada. Kita harus bangga karena kita menjadi salah satu dari 7 sekolah menengah pertama (SMP) yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu mengikuti kegiatan ini.
Ibu Biatha, S.Pd. mengatakan  "Teruslah berkarya jangan hanya sampai di sini saja, teruslah melangkah maju demi masa depan yang cerah. Walaupun kita membuat karya dengan susah payah namun dengan ketekunan semuanya bisa kita selesaikan.
Majulah bangsaku majulah literasi Indonesia". Papar  Ibu Biatha, S.Pd.

Dalam kesempatan  ini juga, bapak Mami Indiono,S.Pd.Ind.  selaku perwakilan guru dan mantan kepala SMPN 1 Mentebah, mengatakan kalau ada niat untuk berkarya kita yakin semuanya bisa asal bersungguh-sungguh. Seperti yang kita lihat sekarang ini banyak guru-guru hebat yang menghasilkan buku.
Silahkan siswa-siswi setelah peluncuran buku ini untuk datang membaca buku karangan guru maupun siswa yang tersedia di perpustakaan di SMPN 1 Mentebah, Jadikanlah buku karangan ini sebagai kenangan dan juga pedoman dalam kehidupan kita tuturnya.

Perwakilan siswa/i yang menyelesaikan tugas meresensi buku yaitu Risvi Wulandari siswa kelas VIII
Mengatakan sangat senang sudah dilibatkan dalam kegiatan meresensi buku. Awalnya dia ragu dan bingung atas kemampuannya takut tidak mampu menyelesaikan tugas merensensi sebuah buku. Namun, berkat dorongan dan motivasi dari bapak-ibu dewan guru akhirnya mereka pun dapat  menyelesaikan apa yang di tugaskan kepada mereka  ternyata tidak seperti yang mereka bayangkan. Mereka berharap mereka tetap bisa berkarya lagi untuk kedepannya dengan menghasilkan karya-karya lainya. Terimakasih bapak-ibu guru atas bimbingan dan motivasi yang diberikan. 
Sebelum Meluncurkan secara resmi buku karangan siswa dan guru, koordinator pendidikan kecamatan Mentebah bapak Abang Iskandar,S.Pd.Sd menyampaikan bahwa apa yang telah di buat oleh guru dan siswa adalah hal yang luar biasa tidak semua orang bisa. Karya ini merupakan karya yang harus kita beri apresiasi dan kita lestarikan.
Sebagai seorang siswa maupun guru kita harus memiliki empat AS yaitu: kita harus bekerja keras, selain keras kita harus kerja Cerdas, ketika kita sudah mampu bekerja cerdas kita harus Kerja tuntas dan yang paling penting adalah kita harus ikhlas sambungnya.
Setelah peluncuran secara resmi oleh koordinator pendidikan Kecamatan Mentebah bapak Abang Iskandar,S.Pd.Sd kegiatan dilanjutkan dengan acara foto bersama siswa dan guru.   Buku pun resmi diluncurkan serta siap untuk di publikasikan di perpustakaan sekolah SMPN 1 Mentebah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Desain Oleh :