Senin, 13 Maret 2023

Tarian tipah Langkah Siswa SMPN 1 Mentebah

Tidak ada komentar:

 Devi indah,S.Pd, Putussibau 13 Maret 2023






Putussibau (Kapuas Hulu ) siswa - siswi SMPN 1 Mentebah menampilkan Tarian Tipah Langkah di depan gedung dinas pendidikan kabupaten Kapuas hulu dalam acara Porseni tingkat kabupaten.
Kegiatan seni tari yang di ikuti oleh 20 kecamatan berlangsung sangat meriah dan peserta dari Mentebah mendapat undian tampil urutan ke 3. 

Usai tampil Pelatih sekaligus penata tari Devi Indah S.Pd,  Mengungkapkan sinopsis Tipah Langkah merupakan tari kreasi yang diadaptasikan dari kisah Tipah Langkah yang mana merupakan nama pemimpin  Suku Dayak Suruk khususnya didesa Tekalong. Kekuatan yang dimiliki oleh Tipah Langkah menjadikannya sebagai ahli dalam ‘ngayau’ (berburu kepala) Pada saat memulai prosesi ngayau pada peperangan, Tipah langkah akan mengajak anggota komunitasnya untuk mengasah parang (Mandau) di batu asah yang khusus, sehingga parang yang diasah  pada batu asah tersebut akan memiliki kekuatan pada peperangan, Julukan ahli dalam “ngayau” (berburu kepala) ini lah yang menjadikan Tipah Langkah Sebagai pemimpin  Suku Dayak Suruk,sehingga komunitas Suku Dayak Suruk menjadi disegani dan ditakuti oleh komunitas atau sub suku yang lainnya.

Dalam hal ini saya ucapan terimakasih atas dukungan dan support dari berbagai pihak terutama kepala SMPN 1 Mentebah dan dewan guru lebih khusus kepada siswa - siswi yang telah kami bimbing teruslah berkarya dan jangan pernah putus asa sambung Devi.

Salam budaya, teruslah berkarya untuk generasi muda 😊 ujar Devi.

Menurut pak ngumbang salah satu tokoh masyarakat desa tekalong tentang tari tipah langkah, Tipah langkah merupakan kepala suku yang punya kekuatan sulit dilawan oleh musuh yang menyerang.bukan kepala ngayau.Ngayau merupakan berpergian kedaerah orang,dengan tujuan membunuh sesama manusia,sebagai bukti keberhasilan ngayau kepala korban dibawa pulang.Sedangkan suku suruk tidak ngayau,tetapi selalu dengan sikap bertahan dari serangan musuh ( pengayau).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Desain Oleh :